Posts tagged ‘kecelakaan’

selamat jalan, sophan sophian

baru beberapa menit yg lalu saya mendapatkan kabar atas meninggalnya salah satu artis senior dan politisi kita, Sophan Sophian atas kecelakaan pada saat konvoi Motor Gede di Sragen, dalam rangka memperingati kebangkitan nasional.

banyak yang terkejut, banyak yang mendoakan, tetapi juga ada yang menyumpahi kematiannya. well, yang terakhir ini agak menyentil saya untuk memberikan komentar yang lebih lanjut. orang meninggal kok disumpahi?

usut punya usut, menurut kabar angin yang beredar, katanya sophan sophian itu arogan.

pertama, karena dia dan rombongan motor gedenya melakukan konvoi yang menunjukkan ketidakkpeduliannya pada rakyat kecil ditengah kenaikan bensin yang menghantui masyarakat, dan karena dia menggunakan motor gede sebagai bentuk kesombongannya (mentang2 punya duit dan orang mampu, katanya)

kedua, kearoganannya pada saat pengisian bensin di suatu pos pom bensin yang katanya menutup orang2 diluar konvoinya untuk mnggunakan fasilitas pom bensin sebagaimana mestinya

ketiga, karena selain akibat jalan rusak, hal yang memperparah kecelakaannya adalah karena ternyata sophan dan rombongan motornya melaju dengan kecepatan cukup tinggi, yaitu 70 km/jam. hal ini yang bikin masyarakat tambah gregetan, ’emang jalan punya nenek moyang lu?’ gitu katanya…

hum….kalo dari sudut pandang saya, alasan pertama mungkin cukup masuk akal, ditengah kenaikan bahan bakar, program yang dicanangkan itu serasa tidak berpihak pada masyarakat dan terkesan¬† hura-hura belaka. memang, mereka juga ikut menyumbangkan berbagai macam sembako dan apalah namanya bagi warga sekitar jalan yg mereka lalui. tapi kok kesannya itu hanya jadi ‘tumbal’ ya? maksudnya, itu cuma tujuan tambahan aja. lagian kan untuk memaknai kebangkitan nasional gak mesti dengan konvoi, mestinya para pejabat yang ikutan konvoi bisa berpikir lebih sensitif dengan keadaan masyarakatnya. cari kegiatan yang benar-benar sosial, bukan hanya sekedar bersifat sosial

untuk alasan kedua, juga nampaknya manusiawi kalau masyarakat merasa perlakuan dari para pengikut konvoi ini bertindak sewenang-wenang, soalnya pom bensin adalah fasilitas umum yang memang dibuat untuk kepentingan umum, bukan untuk kepentingan segelintir orang. jadi mestinya ya mereka bisa berlaku lebih bijaksana lagi

untuk alasan ketiga, jalan rusak emang bukan salahnya pak sophian, tapi pemerintah. soal kebut-kebutan itu juga jadi masalah, karena jalan umum jadi berasa punya mereka doank, bukannya punya masyarakat lain yg juga turut bayar pajak.

the thing is this: seberapapun ‘berdosa’ dan arogannya bapak sophan dalam konvoi kali ini, seberapapun manusiawinya tamparan dan sumpahan orang2 atas meninggalnya bapak sophan akibat acara ini, bagi saya, ini hanya menunjukkan kecemburuan sosial di masyarakat.

kenapa begitu?

iya, benar. banyak orang indonesia itu hidup pas-pasan bahkan dibawah garis kemiskinan, tapi orang2 yang lagi diatas tidak bisa menunjukkan sikap wajar yang patut ditiru oleh masyarakat dibawahnya. perlakuan sewenang-wenang terhadap mereka karena ketiadaan uang dan kuasa, menumbuhkan panas hati dan dendam dalam diri mereka. ‘mentang-mentang orang kaya’ katanya…hal ini yang kemudian membangkitkan rasa cemburu di masyarakat. kemarahan yang tersulut di hati mereka semata-mata karena mereka tahu mereka tidak ‘mampu’ untuk melawan kuasa yang dititahkan diatas mereka, karena mereka bukanlah orang berkuasa. hal ini yang jadi dendam terpendam dalam kehidupan mereka…

lucu benar, katanya kebangkitan nasional, tapi kalo caranya kayak gini sih gak akan bikin kebangkitan nasional, yang ada hanya akan memperparah ‘keruntuhan nasional’. saya sendiri bingung mau komentar lebih lanjut tentang hal ini, perihal alasan kematian sophan sophian….tapi kalau mau bersikap manusiawi, saya akan memilih untuk mendoakan arwahnya supaya selamat menuju surga.

setiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan, bagaimanapun jg, sophan sophian telah menunjukkan kebaikan yang dia ada melalui partisipasi politiknya untuk melayani bangsa. kekurangannya sebgai manusia patutlah kita terima juga sebagai sisi lain dari dirinya.

jadi, akhir kata ditengah tulisan saya yang kacau balau ini, saya menghaturkan dukacita dan belasungkawa yang sedalam-dalamnya pada ibu widyawati dan keluarga yang ditinggalkan.

Advertisements

May 17, 2008 at 8:18 AM 2 comments


October 2017
M T W T F S S
« Jul    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Recent Posts

Blog Stats

  • 6,943 hits