Posts tagged ‘jakarta’

Jakarta chronicles a.k.a curhat colongan

benernya cuma bagian dari curhat dan keluhan saya yang terus terngiang ketika tiba ke ibukota ini dari senin malam. mungkin sebagian besar udah biasa, tapi gak ada salahnya untuk terus mengingatkan pemerintah terus ya…

1. jalan rusak:

ya oloh…..ini mah beneran deh….di hampir setiap jalan yang saya lalui kemaren (kebanyakan daerah jakarta timur sih) semua rusak. gak ada yang 100% bersih dari sistem tambal-sulam. bahkan di jalan yang cukup besar di daerah UKI, tambalannya udah kayak jerawat yang meninggalkan bopeng seumur hidup.

katanya IBU KOTA, katanya VISIT INDONESIA, ya mbok sebelum ngeluarin visi dan program macem2 jangan mendadak toh…..paling persiapkan dulu dari beberapa tahun sebelumnya, perbaikin fasilitasnya, macam bandara (yang katanya) internasional soekarno-hatta. jangan kusem begitu, orang juga mana seneng baru datang disambut kekusaman dan ‘kekosongan’ bandara.

buat beresin jalan, yah gak usahlah 100% sampe jalan kecil juga dibenerin, tapi jalan2 utama dan besar dulu coba dibenerin bukan dengan sistem tambal sulam, biar jangan bikin malu. ibukota kok banyak ‘sakit’nya…banyak lo ekspatriat yang nulis kekesalan mereka dan mendeskripsikan jakarta as hell city of Indonesia. jangan sampe ada PENGGEDE kecelakaan baru dibenerin jalannya. lelet banget itu artinya, percuma digaji jadi pemerintah, fungsinya kan juga untuk mencegah, bukan hanya mengobati masalah…

2. Macet:

jangan ribut ngomongin monorail atopun ngurusin busway (yg banyak korupsi pegawainya), bagaimana untuk mencegah dan mengatasi kemacetan di jakarta, tapi coba donk..batasi penggunaan kendaraan pribadi, benerin (lagi-lagi) fasilitas dan prasarana transportasi yang ada, itu kan lebih simpel..

gmana cara batasin kendaraan bermotor? kmaren saya denger di radio, bahwa buat batasin itu banyak caranya, ngasih pajak yang lebih tinggi untuk mobil kedua dan ketiga dan seterusnya, sama pajak tinggi juga buat mobil mewah. saya rasa itu ide yang cukup baik, daripada pemerintah sibuk terus mikirin ini itu yang kurang penting, monngo dicoba cari penyebab kmacetan yang luar binasa mengesalkannya ini, karena solusi yang baik datang dari pemahaman masalah yang baik juga

3. Mahasiswa:

yang ini mah curhat sangat colongan…gara2 kmaren saya mesti muter jauh karena mahasiswa UKI masih demonstrasi di depan kampus mereka. nah…daripada bikin masyarakat tambah stress mesti melewati macet yang sebenarnya gak perlu ada itu ditmbah mesti ngeluarin bensin extra karena macet itu, coba ya dicari tempat lain yang lebih strategis dan gak nyusahin rakyat banyak. gmana mau dapet simpati kalo gitu? ntar malah dimaki-maki adanya kan…

terus ngomong-ngomong tentang simpati, ya mbok bersimpati juga sama polisi yang ngurusin mereka demo. biarpun saya sendiri masih rada skeptis sama polisi, tapi untuk urusan perut dan ekonomi mereka itu lebih sengsara mungkind aripada orang tua dan keluarga mahasiswa.

coba pikir, polisi yang diutus itu bukannya dengan pangkat, apalagi punya gaji gede. mestinya mahasiswa lyat kenyataan itu, plus mereka juga manusia, punya esmosi kayak kita2, ya jangan asal maki juga donk, ntar kalo polisi yang emosi kita mah enak tinggal nyalahin mereka kan? mereka juga korban lo kalo mau dilihat dari masalah kenaikkan bbm, skarang bagaimana kita yang terdidik ini dapat memahami posisi mereka aja…gitu…

——————————————————————

banyak lagi sih, cuman capek kalo disebutin satu2, lgian curhat ini…hahaha….paling gak kalo ketiga hal diatas bisa terkurangi intensitasnya, pasti orang2 makin gak stress dan lebih produktif di jakarta ini.

benernya gak baik sih banyak2 ngeluh, tapi gak tau knapa semenjak menginjakkan kaki di jakarta, pala saya bawaannya pengen marah2 terus…hahahaa…..

smoga bapak2 pejabat yang sudah terpilih mengerjakan tugasnya yang mendasar dan penting dulu bagi masyarakat, bukannya yang muluk2 ato yang gede2…..

seorang masyarakat jakarta,

amel

Advertisements

May 28, 2008 at 4:50 AM 4 comments


October 2017
M T W T F S S
« Jul    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Recent Posts

Blog Stats

  • 6,943 hits